A. Filsafat Yunani Kuno
Pelaku filsafat adalah akal dan musuh (patnernya) adalah hati dan rasa. Pertentangan atau kerjasama antara akal dan hati merupakan isi sejarah filsafat. Pusat kendali kehidupan manusia terletak pada : indra, akal, dan hati. Dari ketinganya akal dan hati sangat menentukan, jika akal adalah akal logis, yang bertempat dikepala, sedangkan hati ialah rasa yang kira-kira tempatnya di dalam dada.Akal menghasilkan pengetahuan logis, yang disebut filsafat. Sedangkan hati menghasilkan pengethauan yang supra logis yang disebut pengetahuan mistik.Di dalam sejarah filsafat kelihatan akal pernah menang, pernah kalah, hati pernah berjaya, juga pernah kalah ; pernah juga kedua –duanya sama-sama menang. Di antara keduanya, dalam sejarah, telah terjadi pergumulan berebut dominasi dalam mengendalikan kehidupan manusia.
Yang dimaksud dengan akal disini ialah akal logis yang bertempat di kepala, sedangkan hati ialah rasa yang kira-kira bertempat di dalam dada. Akal itulah yang menghasilkan pengetahuan logis yang di sebut filsafat, sedangkan hati pada dasarnya menghasilkan pengetahuan supralogis yang di sebut pengetahuan mistik , iman termasuk disini.
Rivalitas antara kedua-duanya telah terjadi di dalam sejarah peradaban. Titik-titik merah yang di situs telah terjadi hebat antra kedua-duanya mula-mula terjadi antara sofisme dan socrates, yang kedua antara credo utintelligam-nya abad pertengahan dan descrates, dan yang ketiga antara sofisme modern di satu pihak dan kant di pihak lain. Pada zaman yunani kuno, secara pukul rata akal menang.
B. Tokoh-tokoh Filsafat Yunani Kuno
1. Thales (625-545 SM)
2. Anaxagoras (±499-20 SM )
3. Democritos (460-370 SM)
4. Pythagoras (± 572-497 SM)
5. Xenophanes (570 – ? SM)
6. Heraclitos (535 – 475 SM)
7. Parmenides (540-475 SM)
8. Empledoces (490-435 SM)
9. Anaximandros (640-546 SM)
10. Zeno (490-430 SM)
C. AKAL DAN HATI FILSAFAT MENURUT PARMEDINES DAN PHYTAGORAS
1. PARMADINES
Parmenides lahir di kota Elea. Ia lahir pada tahun 540 SM. Kota perantauan Yunani di Italia Selatan, Arena. ia di lahirkan di Elea, maka penganutnya disebut kaum Elea. Kebesarannya sama dengan kebesaran Heraclitos. Ia lah yang pertama kali memikirkan tentang hakikat tentang ada (being).
Parmanides adalah salah seorang tokoh relativusme yang penting. Dikatakan sebagai logikawan pertama dalam sejarah filsafat, bahkan dapat disebut filosof pertama dalam pengertian modern.Sistemnya secara keseluruhan disandarkan pada dedukasi logis, tidak seperti Heraclitos, misalnya, yang menggunakan metode intuisi. Ternyata plato amat menghargai metode parmenides itu. Dan Plato lebih banyak mengambil dari Parmenides dibandingkan dengan dari filosof yang lain pendahulunya.
Ia berpendapat bahwa hanya pnegetahuan ynag tetap dan umum yang mengenai yang satu sajlaah (pengetahuan budi) yang dapat dipercaya. Pengetahuan budi itulah yang dapat dipercayai, kalau ia benar maka sesuailah ia dengan realitas. sebab itu yang merupakan realitas bukanlah yang berubah dan bergerak serta beralih dan bermacam-macam, melainkan yang tetap. Realitas bukanlah yang menjadi melainkan ada.Hal ini berbeda dengan pendapat Heraclitos yaitu bahwa realitas adalah gerak dan perubahan.
Dalam The way of Truth Parmanides bertanya: Apa standar kebenaran dan apa ukuran realitas? Bagaimana hal itu dapat dipahami?ia menjawab : ukurannya ialah logika yang konsisten. Contoh. Ada 3 cara berfikir tentang Tuhan : pertama ada, kedua tidak ada, dan ketiga ada dan tidak ada. Yang benar ialah ada
a. Tidak mungkin meyakini yang tidak ada.
b. Sebagai ada karena yang tidak ada pastilah tidak ada.
c. Yang tidak mungkin karena tidak mungkin Tuhan itu ada dan sekaligus tidak ada.
Jadi, benar-tidaknya suatu pendapat diukur dengan logika.Disinilah muncul masalah. Bentuk ekstrem pernyataan itu adalah bahwa ukuran kebenaran adalah akal manusia.Yang ada (being) itu ada, yang ada tidak dapat hilang menjadi tidak ada, dan yang tidak ada tidak mungkin muncul menjadi ada, yang tidak adalah tidak ada, sehingga tidak dapat dipikirkan. Yang dapat dipikirkan adalah hanyalah yang adasaja sedangkan yang tidak ada tidak dapat dipikirkan.
Jadi, yang ada (being) itu satu, umum, tetap dan tidak dapat dibagi-bagi.Karena membagi yang ada akan menimbulkan atau melahirkan banyak ada, dan itu tidak mungkin.yang ada dijadikan dan tidak dapat musnah.yang ada di segala tempat, oleh karenanya tidak ada ruangan yang kosong , maka di luar yang ada masih ada sesuatu yang lain.
2. PROTAGORAS
Protagoras lahir kira-kira pada tahun 485 di kota Abdera di daerah Thrake. Demokritis adalah sewarga kotanya yang lebih muda. Sering kali ia datang ke Athena dan disana ia terhitung pada kalangan sekitar perklis. Menurut Diogenes Laertios pada akhir hidupnya Protagoras dituduh diAthena karena kedurhakaan (asebeia) dan bukunya tentang agama dibakar dihadapan umum.Diceritakan pula bahwa Protagoras melarikan diri ke Sisilia. Tetapi pada perjalanan ini ia tewas, akibat perahu layar tenggelam.
Beliau termasuk salah satu tokoh sofis.Ia menyatakan bahwa manusia adalah ukuran kebenaran. Pertanyaan ini merupakan tulang punggung humanism.Pertanyaan yang muncul ialah apakah yang dimaksudkannya manusia individu ataukah manusia pada umumnya.Memang dua hal itu pada umumnya menimbulkan konsekuensi yang sungguh berbeda.Akan tetapi, tidak ada jawaban yang pasti mana yang dimaksud oleh Protagoras. Yang jelas adalah ia menyatakan bahwa kebearan itu bersifat pribadi (private). Akibatnya ialah tidak akan ada ukuran yang absolute dalam etika, metafisika, maupun agama. Bahkan teori matematika tidak juga dianggapnya mempunyai kebenaran yang absolute.
Dalam buku yang berjudul Aletheia (kebenaran) terdapat tuturan Protagoras yang terkenal, yang disimpan dalam kumpulan H. Diels sebagai fragmen 1: “ Manusia adalah ukuran untuk segala galanya: untuk hal-hal yang ada sehingga mereka ada dan untuk hal-hal yang tidak ada sehingga mereka tidak ada”. Pendiri ini boeleh disebut relativisme, artinya kebenaran dianggap tergantung pada manusia
DAFTAR PUSTAKA
1. Prof. Dr. Juhaya,S. Praja, aliran –aliran filsafat dan etika,kencana: Jakarta 2010
2. https://afidburhanuddin.wordpress.com /2013/09/23 ilmu pengetahuan masa yunani kuno.
3. Abdullahana094.blogpost.co.id 2014/06/ akal dan hati pada zaman yunani kuno.