Sabtu, 08 Juli 2017

KURIKULUM INDONESIA PADA MASA ORDE LAMA

Kurikulum Pada Masa Awal Kemerdekaan atau Masa Orde Lama
•    Tujuan
Kurikulum pendidikan menengah bertujuan untuk menyiapkan pelajar ke pendidikan yang lebih tinggi, serta mendidik tenaga-tenaga ahli dalam berbagai lapangan khusus, sesuai dengan bakat masing-masing dan kebutuhan masyarakat.

•    Isi
Isi kurikulum 1952 jauh lebih rinci dibandingkan kurikulum 1947. Oleh karena itu kurikulum 1952 disebut Rencana Pelajaran Terurai 1952. Berikut ini rincian isi kurikulum 1952.

a.    Kelompok Bahasa
1.   Bahasa Indonesia
2.   Bahasa Inggris
3.   Bahasa Daerah

b.    Kelompok Ilmu Pasti
1.  Berhitung dan aljabar
2.  Ilmu ukur

c.     Kelompok Pengetahuan Alam
1.  Ilmu Alam/kimia
2.  Ilmu Hayat

d.    Kelompok Pengetahuan Sosial
1. Ilmu Bumi
2. Sejarah

e.    Kelompok Ekonomi
1. Hitung dagang
2. Pengetahuan dagang

f.    Kelompok ekspresi
1. Seni suara
2. Menggambar
3. Pekerjaan tangan/kerajinan wanita.

g.    Pendidikan jasmani

h.    Budi pekerti

i.    Agama

•    Kegiatan pembelajaran
Kegiatan pembelajaran siswa difokuskan pada kegiatan fungsional praktis. Hal tersebut dimaksudkan agar salah satu tujuan pendidikan tercapai, yaitu untuk menyiapkan pelajar ke pendidikan yang lebih tinggi, serta mendidik tenaga-tenaga ahli dalam berbagai lapangan khusus, sesuai dengan bakat masing-masing dan kebutuhan masyarakat.

•    Evaluasi
Evaluasi belajar siswa pada masa ini menggunakan sistem penilaian yang hampir sama dengan kurikulum 1947, yakni dilakukan melalui ulangan harian, ulangan umum catur wulan, dan ujian Negara. Ulangan harian dan ulangan umum catur wulan dipakai sebagai dasar untuk menentukan apakah seorang siswa naik atau tinggal kelas.
Ujian penghabisan yang kemudian diubah namanya menjadi Ujian Negara pada sekitar tahun 1958 digunakan untuk menentukan kelulusan. Seorang siswa SMP dapat dinyatakan lulus jika memiliki maksimal nilai 5 sebanyak 4 mata pelajaran atau equivalennya (nilai 4 equivalen dengan dua nilai 5, nilai 3 equivalen dengan nilai angka 5).

•    Asas
Kurikulum pendidikan menengah pada masa ini berasaskan pada penyiapan pelajar ke pendidikan yang lebih tinggi, serta mendidik tenaga-tenaga ahli dalam berbagai bidang khusus, sesuai dengan bakat masing-masing dan kebutuhan masyarakat.


•    Prinsip
Prinsip pengajaran pada masa ini yaitu hasil pembelajaran para siswa dapat berguna ketika ditengah masyarakat sehingga bila anak tak mampu sekolah ke jenjang selanjutnya, mereka mampu untuk langsung bekerja.

•    Ciri - Ciri
Adapun ciri-ciri pendidikan dalam masa ini yaitu :
o    Seorang guru mengajar satu mata pelajaran.
o    Setiap rencana pelajaran harus memperhatikan isi pelajaran yang dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari.
o    Lebih rinci dibandingkan kurikulum sebelumnya.
o    Menekankan pada pengetahuan dan kegiatan fungsional praktis.