Ukuran
Kualitas Kinerja Guru
Menurut T R. Mitchel(1978), salah satu ukuran standar adalah quality
works, hal ini diperjelas lvancevich
bahwa ukuran litas kinerja guru dapat dilihat dari Produktivitas Pendidikan
yang menyangkut putput siswa yang dihasilkan,
Paul Mali u mendefini-ikan produktivitas adalah bagaimana menghasilkan
Produk meningkatkan hasil setinggi mungkin dengan memanfaatkan sumber daya
secara efisien.
Hubungan produktivitas dengan kinerja
seseorang dipaparkan sutermeister(1976),
bahwa
- Produktivitas itu
kira-kira 90 bergantung pada prestasi kerja dan 10g, tergantung pada teknologi dan bahan yang
digunakan.
- Prestasi kerja itu
sendiri untuk 80-90% bergantung pada motivasinya untuk bekerja, 10-201 bergantung pada kemampuannya.
- Motivasi kerja
50% bergantung pada kondisi sosial, 40%bergantung pada
kebutuhan-kebutuhannya, 10% bergantung pada kondisi kondisi fisik.
Dari gambaran tersebut dapatlah
dikatakan bahwa kinerja guru akan L memiliki pengaruh terhadap produktivitas
pendidikan. Besarnya pengaruh pada tingkat efektivitasnya baik secara intemal
maupun ekstermal diun kapkan oleh Depdiknas sebagai berikut.
"Efektivitas output sekolah
dapat dikelompokkan ke dalam dua bagian, yaitu: Pertama efektivitas internal,
merujuk pada keluaran pendidikan yang tidak diukur secara moneter seperti
prestasi belajar, dan dumlah lulusan yang bersifat material dan bukan material
seperti buku paket. Metode pembelajaran, media pembelajaran, kurikulum, dan
sebagainya. Kedua efektivitas eksternal, merujuk pada perbandingan antara
masukan yang bersifat bukan maneter dengan keluaran yang bersifat moneter,
misalnya penjurusan program pendidikan tertentu berpengaruh terhadap tingkat
penghasilan lulusan yang telah bekerja".