Jumat, 07 Juli 2017

kualitas kinerja guru


 Ukuran Kualitas Kinerja Guru
Menurut T R.  Mitchel(1978),  salah satu ukuran standar adalah quality works,  hal ini diperjelas lvancevich bahwa ukuran litas kinerja guru dapat dilihat dari Produktivitas Pendidikan yang menyangkut putput siswa yang dihasilkan,  Paul Mali u mendefini-ikan produktivitas adalah bagaimana menghasilkan Produk meningkatkan hasil setinggi mungkin dengan memanfaatkan sumber daya secara efisien.
            Hubungan produktivitas dengan kinerja seseorang dipaparkan sutermeister(1976),  bahwa
  1. Produktivitas itu kira-kira 90 bergantung pada prestasi kerja dan 10g,  tergantung pada teknologi dan bahan yang digunakan.
  2. Prestasi kerja itu sendiri untuk 80-90% bergantung pada motivasinya untuk bekerja,  10-201 bergantung pada kemampuannya.
  3. Motivasi kerja 50%  bergantung pada kondisi sosial,  40%bergantung pada kebutuhan-kebutuhannya,  10%  bergantung pada kondisi kondisi fisik.
Dari gambaran tersebut dapatlah dikatakan bahwa kinerja guru akan L memiliki pengaruh terhadap produktivitas pendidikan. Besarnya pengaruh pada tingkat efektivitasnya baik secara intemal maupun ekstermal diun kapkan oleh Depdiknas sebagai berikut.
"Efektivitas output sekolah dapat dikelompokkan ke dalam dua bagian, yaitu: Pertama efektivitas internal, merujuk pada keluaran pendidikan yang tidak diukur secara moneter seperti prestasi belajar, dan dumlah lulusan yang bersifat material dan bukan material seperti buku paket. Metode pembelajaran, media pembelajaran, kurikulum, dan sebagainya. Kedua efektivitas eksternal, merujuk pada perbandingan antara masukan yang bersifat bukan maneter dengan keluaran yang bersifat moneter, misalnya penjurusan program pendidikan tertentu berpengaruh terhadap tingkat penghasilan lulusan yang telah bekerja".